04Kam242014

Back Kabar Bukit Kabar Saatnya Coffee Break!

Saatnya Coffee Break!

  • PDF

Proses pembuatan kopi dikerjakan dalam jangka waktu lama untuk mendapatkan hasil terbaik. Proses pengolahan pun dimulai dari penanaman, pemetikan, pengupasan, hingga proses pemanggangan.


Nadya Sofiana membongkar habis soal pengerjaan kopi dalam bukunya 1001 Fakta tentang Kopi. Namun ada hal lain yang ikut memengaruhi nikmatnya  kopi, seperti cara menyajikan, termasuk ketelitian menyeduhnya. Anda juga bisa mengimprovisasi kopi dengan lainnya, seperti susu, jahe, moka, dan lain sebagainya.

Masing-masing penikmat kopi memiliki selera sendiri. Pencinta ekspresso merasa janggal bila melihat kopi tubruk yang terkesan ‘bar-bar’. Sebab kopi diminum beserta ampasnya dan disajikan dalam gelas besar. Sebaliknya, penikmat kopi tubruk tidak habis pikir kenapa segelas ekspresso begitu mahal dan tertuang dalam cangkir kecil.

Apakah ini sekadar selera?

Tidak banyak penikmat kopi yang mengetahui kopi dengan detil, termasuk khasiat-khasiat yang terdapat di dalamnya. Kopi bahkan disebut sebagai minuman terlarang karena diduga menimbulkan segudang penyakit. Namun sebenarnya kopi tidak berbahaya bila mengetahui takaran minumnya dengan benar.

Dalam buku terbitan Cahaya Atma Pustaka ini, Nadya mengulas pengetahuan kopi dan sisi-sisi yang terlupakan mulai dari sejarah,  jenis-jenis kopi, hingga fenomena kopi yang kini menjadi gaya hidup.

Selamat membaca!

Terakhir Diperbaharui pada Kamis, 29 September 2011 09:22