04Kam242014

Back Katalog Hukum Sejarah Pembaruan KUHP dan KUHAP
PrintE-mail
Sejarah Lengkap Syekh Siti JenarSejarah Salafi 2


Sejarah Pembaruan KUHP dan KUHAP
View Full-Size Image


Sejarah Pembaruan KUHP dan KUHAP


Ask a question about this product

Penulis: Dr. H. Syaiful Bakhri, S.H., M.H.
Ukuran: 16 x 23 cm
Tebal: 132 hlm
Penerbit: Total Media
ISBN: 978-979-1519-90-8
Harga: Rp 35.000

Keluhan yang selalu mencuat ketika membahas persoalan hukum di Indonesia adalah kentalnya pengaruh hukum "warisan" Belanda. Wet Boek van Strafrecht (WvS), Wet Boek van Straftrecht vor Indische (WvSI) misalnya, adalah dua buku yang tak terbantahkan sangat besar pengaruhya terhadap hukum pidana Indonesia. Pertanyaan yang muncul kemudian, apakah "warisan" hukum Belanda itu masih relevan dengan Indonesia. Menjawab pertanyaan ini, tahun 1946 terbit Undang-Undang No. 1 Tahun 1946 tentang Berlakunya Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang jika dilacak banyak merujuk kepada Code Penal Perancis hingga Hukum Romawi.

Kemudian tahun 1981 diberlakukan Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang menandai tonggak "terlepasnya" pengaruh hukum pidana formil Belanda terhadap hukum Indonesia. Seiring dengan waktu, hasrat untuk memandirikan hukum pidana Indonesia terlepas dari pengaruh hukum pidana Belanda itu sebenarnya tidak pernah pudar. Bahkan, saat ini diskusi dan perdebatan tentang hal ini terus berkembang.

Buku Sejarah Pembaruan KUHP dan KUHAP yang ditulis Syaiful Bakhri ini mengurai kembali perjalanan begaimana keinginan memandirikan hukum pidana formil itu di Indonesia. Bahkan, dengan perspektif kritis dan modern, Syaiful menawarkan hal yang sangat baik dalam buku ini yang tentu sangat diperlukan sebagai referensi "pembacaan" hukum Indonesia.

Di tengah langkanya pembahasan tentang tema ini, buku Sejarah Pembaruan KUHP dan KUHAP ini sangat penting dibaca oleh mahasiswa, dosen, politisi, praktisi hukum dan peminat hukum.

***


Dr. H. Syaiful Bakhri, S.H., M.H. Dosen Tetap pada Program Pascasarjana Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta. Dosen tidak tetap, pada Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta, serta Perguruan Tinggi Swasta lainnya. Lahir di Kotabaru, Kalimantan Selatan, 20 Juli 1962. Program Doktor Ilmu hukum pada Pascasarjana Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Program Pascasarjana (S2) Universitas Indonesia (SH), fakultas hukum, Universitas Muhammadiyah Jakarta. SMA
Muhammadiyah II Yogyakarta. SMP dan SD Negeri Kotabaru Kalimantan Selatan. Pendidikan keahlian Legal Drafting FH-UI, Legal Workshop OPEC Di VIENNA, Austria. Widyaswara, pada proyek SCBD-Asean Development Bank. Wakil Ketua Majelis Hukum Pimpinan Pusat Muhammadiyah 2010-2015.